Jumat, 04 Mei 2012

Hidup Sederhana


Hidup sederhana (simplicity) tidak harus ditandai dengan pakaian, rumah, kendaraan yang jelek, dan murah. Simplicity itu sangat ditentukan apakah hidup itu mempunyai tujuan dan target yang jelas atau tidak. tanpa tujuan yang jelas, hidup hanya akan berputar-putar tanpa arah, hingga akhirnya membuat orang kehilangan peluang kebaikan, dan hidup sia-sia.

Dalam kitab suci dinyatakan, "wa likulli wijahatun huwa muwalliha..." (QS. Al-Baqarah 2 : 148). 'dan tiap-tiap orang atau umat ada arah yang dituju, yang ia menghadap / menuju kepadanya'. Hidup harus dengan tujuan dan target yang jelas maka buatlah daftar apa yang harus anda kerjakan setiap hari yang menjadi tujuan hidup anda.


Mulailah kehidupan dengan selalu menyadari bahwa kehadiran kita di dunia ini bukan suatu kebetulan atau main-main, melainkan untuk suatu peran yang penting. Kesadaran ini akan menjadi penguat kehidupan yang mengilhami orang untuk selalu mengubah mereka sendiri ke keadaan yang lebih baik. mereka mempunyai gambaran yang jelas mengenai diri yang mengakar pada kesejatian diri mereka, menemukan kekuatan hidupnya yang tiada tara. Dan kekuatan hidup itu bukan datang dari apa yang kita miliki, melainkan  datang dari apa yang kita kerjakan, sesuatu yang mendatangkan kemaslahatan hidup banyak orang

Dan ketahuilah. malapetaka yang paling paling berat bagi manusia ialah hilangnya semangat hidup karena tidak memiliki cita-cita dan tujuan. orang malas itu tidak ada, yang ada hanya orang hidup tanpa tujuan dan penghargaan.

                                            Sumardi

Tidak ada komentar: